Langsung ke konten utama

Hal Yang Perlu di ketahui tentang Social Distancing

zSebagaimana kita tahu, dimana - mana banyak digaungkan "Social Distancing", apa sih sebenarnya Social Distancing itu ? Lalu Apa bedanya dengan Self Quarantine dan Self Isolation

Menjaga jarak atau Social Distancing adalah  kondisi menjaga jarak dengan orang lain agar tidak terjadi penularan. Apa saja yang perlu di lakukan ? 

  1. Tidak pergi ke tempat - tempat yang ramai, apabila terpaksa harus pergi maka wajib menggunakan masker 
  2. menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
  3. tidak bersalaman
  4. Tidak membuat kerumunan atau pertemuan dengan orang banyak 
  5. Berada di rumah kecuali bila ada urusan mendesak.
Lalu apa bedanya social distancing dengan self quarantine dan self isolation ?

Self quarantine ditujukan untuk orang yang berisiko tertular virus karena pernah melakukan kontak dengan orang yang menderita covid -19 atau baru kembali dari perjalanan di zona merah penyebaran virus. Sedangkan self isolation ditujukan untuk orang yang telah positif covid 19, tetapi tidak tertampung di rumah sakit. 

Yang sangat direkomendasikan untuk melakukan self distancing  antara lain
  1. Orang lanjut usia 
  2. Orang dengan riwayat penyakit tertentu
  3. Wanita hamil
www.gov.uk
Hal - hal yang perlu di persiapkan dalam social distancing

  • Memastikan persediaan kebutuhan sehari hari aman paling tidak selama 14 hari. hal ini untuk menghindari keluar rumah. 
  • Mempersiapkan bahan bacaan, dan koneksi internet. Jaman sekarang rasa - rasanya kita sudah tidak bisa lagi hidup tanpa koneksi internet. Koneksi internet tentunya sangat mendukung produktivitas kita dalam melakukan work from home (WFH) dan study from home (SFH)
  • Mempersiapkan obat - obatan yang diperlukan
  • Merencanakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh diri sendiri maupun dengan keluarga. 

 Referensi 

  1. https://www.gov.uk/government/publications/covid-19-guidance-on-social-distancing-and-for-vulnerable-people/guidance-on-social-distancing-for-everyone-in-the-uk-and-protecting-older-people-and-vulnerable-adults
  2. https://www.alodokter.com/pentingnya-menerapkan-social-distancing-demi-mencegah-covid-19
  3. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1
  4. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID) 19, Kemenkes 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kontrol Kehamilan di RS Hermina Depok

Halo semua ! Setelah lama terdraft sekarang saya mau bercerita tentang pengalaman saya selama cek kehamilan di RS Hermina. Sebelumnya saya cekkehamilan di RS HGA di Depok dengan pertimbangan lebih dekat dari rumah, tetapi karena merasa kurang nyaman maka saya memutuskan untuk pindah ke RS Hermina. Selama hamil saya rasa perlu banget untuk mencari dokter dan rumah sakit yang nyaman (dengan harga yang sesuai dengan kantong tentunya).

MOM TO BE (PART II) KONTROL DI RS HGA DEPOK

Halo Hai ! Aku mau bercerita tentang Kontrol pertama di RS Hasanah Graha Afiah (HGA). Kenapa di RS itu, karena deket dari rumah. Terus baca - baca tentang antrian di Hermina yang rumornya di dokter tertentu harus ambil antrian 2 minggu sebelumnya (nanti aku cerita di blog berikutnya ya) maka kami memilih untuk ke RS HGA di Sukmajaya. RS HGA ini punya merupakan salah satu RS Swasta di Depok. RS ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Dokter yang praktek disini juga banyak dokter dokter senior.

Tips Memilih Dokter Kandungan

Halo Mom ! Halah gegayaan pake mom - mom segala ! Saya mau share nih tips memilih dokter kandungan versi saya, buat mommies yang baca bila ada tips lainnya boleh banget dishare di kolom komentar ya ! ☺️  Selama kehamilan ini, saya sudah pernah konsultasi di 3 dokter kandungan yang berbeda. Dokter pertama kali aku cek adalah Dokter Iwan Heryawan, kemudian Dokter Maman Hilman di RS HGA (baca : Kontrol di RS HGA Depok), dan sekarang sudah berlangganan di dokter Nelwati di RS Hermina Depok (baca: Pengalaman Kontrol Kehamilan di RS Hermina Depok) Kenapa kok ganti - ganti ? Yaaa karena saya milih mana yang paling nyaman buat saya. Eh tunggu dulu, saya nggak bilang dokter - dokter yang sebelumnya tidak bagus lho yaa.. Sebelum saya memutuskan untuk ke dokter tersebut saya pun sudah melakukan research terlebih dahulu, dan beberapa orang menyatakan bahwa dokter ini termasuk dokter yang enak diajak konsultasi. Jadi semua kembali kepada PREFERENSI.