Langsung ke konten utama

4 Cara Menjaga Tempat Kerja Aman dari Covid -19

Pemerintah telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), lalu apa sih PSBB ? 
PSBB menurut UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan adalah Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa guna mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau terkontaminasi
Pebatasan ini paling tidak meliputi peliburan kegiatan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan,dan/atau kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Terdapat 8 sektor strategis yang di kecualikan oleh PSBB yang masih dapat beroperasi antara lain kesehatan, pangan, energi, layanan komunikasi dan media telekomunikasi, keuangan dan perbankan, logistik dan distribusi barang, ritel, serta industri strategis.

www.holitravelo.com


Bagi karyawan yang mendapat pengecualian PSBB, satu pesanku "Sing bakooh ya!!". Ada beberapa cara untuk menjaga tempat kerja kita aman dari virus antara lain 


  • Menjaga Kebersihan diri 

  1. Menggunakan masker
  2. Selama berada di tempat kerja (atau dimanapun kamu berada) hindari melakukan jabat tangan dan gunakan cara lain untuk memberi salam. 
  3. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau kalau memang tidak memungkinkan bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol.
  4. Hindari menyentuh wajah, kalau mau bersin atau batuk gunakan lengan dalam untuk menutupnya ya ! Ketika tangan kita sudah terkontaminasi, tangan kita dapat menularkan virus melalui hidung, mulut dan mata lho.
  5. Hindari menyentuh dengan tangan benda benda di tempat umum, kalau kepepet kayak gagang pintu atau meja kantin bisa disemprot dulu pakai disinfektan setelah itu cuci tangan ya!

  • Membatasi Pertemuan dan Bepergian 
Di masa sekarang tidak sulit untuk melakukan meeting atau berkomunikasi jarak jauh. Terdapat beberapa aplikasi yang mendukung untuk melakukan meeting dari manapun kita berada seperti zoom atau webeex. Dilansir dari CDC, bila memang tidak memungkinkan untuk videocall -an kita bisa menggunakan suatu ruangan besar dengan sirkulasi udara yang baik untuk melakukan pertemuan. Ingat ! tetap jaga jarak aman yaa ! 

  • Beristirahat di rumah 
Apabila merasa tidak enak badan atau ada keluarga yang sakit di rumah sebaiknya kita beristirahat dirumah. Selain karena imun kita yang lemah dan rentan akan virus yang masuk, tentunya ini adalah salah satu cara kita untuk membantu sesama (Baca : Pandemi, Kita Lawan Bersama dengan 3 Cara Sederhana). Kalau kamu mengalami batuk, demam, dan sesak nafas segera lapor ke medical care ya !

  • Menjaga Kesehatan Mental 
Pemberitaan di media akhir - akhir ini memang sedikit membuat stres, tidak hanya korban dari Covid 19 ini saja tetapi juga isu keamanan dan ekonomi. Kita berada dimasa yang penuh dengan ketidakpastian. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama pandemi ini ? 
  1. Kurangi menonton atau membaca berita yang membuat kita stress. Selain ini pastikan informasi yang kita dapatkan benar - benar valid ya1
  2. Menjaga komunikasi dengan orang - orang terdekat (keluarga dan teman)
  3. Menajaga asupan nutrisi, ingat makanan yang sehat tidak hanya menjaga kesehatan tubuh kita saja tetapi juga menjaga kesehatan mental kita juga. 
Kalau kamu biasanya ngapain ? 



*Sumber Bacaan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kontrol Kehamilan di RS Hermina Depok

Halo semua ! Setelah lama terdraft sekarang saya mau bercerita tentang pengalaman saya selama cek kehamilan di RS Hermina. Sebelumnya saya cekkehamilan di RS HGA di Depok dengan pertimbangan lebih dekat dari rumah, tetapi karena merasa kurang nyaman maka saya memutuskan untuk pindah ke RS Hermina. Selama hamil saya rasa perlu banget untuk mencari dokter dan rumah sakit yang nyaman (dengan harga yang sesuai dengan kantong tentunya).

MOM TO BE (PART II) KONTROL DI RS HGA DEPOK

Halo Hai ! Aku mau bercerita tentang Kontrol pertama di RS Hasanah Graha Afiah (HGA). Kenapa di RS itu, karena deket dari rumah. Terus baca - baca tentang antrian di Hermina yang rumornya di dokter tertentu harus ambil antrian 2 minggu sebelumnya (nanti aku cerita di blog berikutnya ya) maka kami memilih untuk ke RS HGA di Sukmajaya. RS HGA ini punya merupakan salah satu RS Swasta di Depok. RS ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Dokter yang praktek disini juga banyak dokter dokter senior.

Tips Memilih Dokter Kandungan

Halo Mom ! Halah gegayaan pake mom - mom segala ! Saya mau share nih tips memilih dokter kandungan versi saya, buat mommies yang baca bila ada tips lainnya boleh banget dishare di kolom komentar ya ! ☺️  Selama kehamilan ini, saya sudah pernah konsultasi di 3 dokter kandungan yang berbeda. Dokter pertama kali aku cek adalah Dokter Iwan Heryawan, kemudian Dokter Maman Hilman di RS HGA (baca : Kontrol di RS HGA Depok), dan sekarang sudah berlangganan di dokter Nelwati di RS Hermina Depok (baca: Pengalaman Kontrol Kehamilan di RS Hermina Depok) Kenapa kok ganti - ganti ? Yaaa karena saya milih mana yang paling nyaman buat saya. Eh tunggu dulu, saya nggak bilang dokter - dokter yang sebelumnya tidak bagus lho yaa.. Sebelum saya memutuskan untuk ke dokter tersebut saya pun sudah melakukan research terlebih dahulu, dan beberapa orang menyatakan bahwa dokter ini termasuk dokter yang enak diajak konsultasi. Jadi semua kembali kepada PREFERENSI.