Langsung ke konten utama

Pengalaman Membayar Pajak Pakai Aplikasi Signal Polri

 Haaloooooooooooooooo! Ternyata sudah lama juga nggak berbagi di blog. Rindu rasanya melihat insight naik. Baru - baru ini aku abis bayar pajak kendaraan lewat aplikasi SignalPolri. Daaan surprisingly cuepeeet buanget nggak pake ribet, nggak pake antri. Padahal ya motorku ini Plat Jawa Tengah, sedangkan sekarang aku domisili di Jawa Barat. Terus kerennya lagi aku nggak perlu pulang kampung buat bayar pajak ! Wow Kok bisa? 







Aplikasi SignalPolri ini merupakan layanan dari polri untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, pengesahan STNK Tahunan dan pembayaran SWDKLLJ. Nah aplikasi berskala nasional ini mengintegrasikan database kendaraan bermotor dari Polri, database kependudukan dari Dukcapil Kemdagri dan Data pajak kendaraan bermotor punya Bappenda yang dikelola daerah masing masing. Hat off buat tim IT kepolisian !!

 Nah terus ngapain aja nih? 

  • First thing first yang dilakukan adalah Download aplikasinya dulu dari Google Play atau dari Apps Store
  • Kalau sudah, siapkan e-ktp mu dan mulai ikuti langkah registrasinya. 
    • Masukan data diri 
    • Verifikasi e-ktp dengan memfoto e-ktp 
sumber: website samsat digital
sumber: website samsatdigital.id


    • Verifikasi biometric dengan foto wajah. Nahhh ini yang kemarin agak ngeselin sih, karena entah kenapa foto yang terambil itu nggak dalam posisi yang oke. asli burik banget foto aku kemarin. -__- Semoga kedepannya bisa mengcapture foto lebih slay yaa sis
 

sumber: website samsatdigital.id

    • Masukin OTP terus kalau sudah berhasil nanti akan ada email ke kita dan lakukan verifikasi ulang. 
  • Terus bayar pajaknya gimana? 
    • Hal yang perlu dilakukan adalah menambahkan data kendaraan, siapkan STNK mu dan isi sesuai dengan form yang tersedia.
sumber: website samsatdigital.id
    • Kalau sudah mendaftarkan kendaraan, pilih pendaftaran pengesahan STNK, pilih no kendaraan yang akan dibayar pajaknya. Klik lanjut dan ikuti step per step di dalamnya. Nah dari sini nanti kita perlu pilih apakah akan dikirim atau diambil bukti bayarnya. Nah disini ada form yang perlu diisi seperti kemana harus dikirim. Selesai isi akan muncul total biaya yang harus dibayar. Easy peasyyyy lah .. cincaaiiii..
    • Serunya lagi bayarnya bisa lewat mbanking dari bank bank plat merah, nah silakan pilih tuuu kamu biasa pakai bank apa. 
    • Keseluruhan proses bisa dipantau di aplikasi. Nanti kalau sudah selesai dan diterima jangan lupa konfirmasi itu penerimaannya yak !!
Nah kalo sepengalaman aku nih, surat ketetapan bayarnya dateng 2 hari. Nah sayangnya untuk cap pengesahan harus ke samsat sih, terus ya dicap aja nggak sampe 5 menit. So far aku puas sih sama layanan ini, makanya sampe aku tulis di blog walaupun nggak diendorse. Pak Polisiiii plis endorse aku ahahahha. 

See you next cuap cuap, kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat dan layak untuk dibagikan komen dan share blog aku yaa .. biar nambah views nya biar aku senang. ^___^   

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Perlengkapan Pumping di Kantor

Halo semua, setelah beristirahat lumayan lama akhirnya aku balik lagi dengan menyandang predikat baru. Sekarang sudah sah jadi “ibu menyusui” (uwuuuw). Mon maap anaknya heboh. Sebenernya sudah ngantor dari beberapa bulan lalu, tapi baru sempet nulis lagi. Ditengah pendemi, jadi ada waktu luang buat nulis nulis blog lagi.  Rempong ! Satu kata yang bener bener menggambarkan aku saat ini. Ke kantor menggunakan transportasi umum dengan membawa seperangkat alat pumping dan laptop rasanya.. beuh biasa aja sih. Banyak juga yang begini. Hahaha . Lalu apa saja sih yang saya bawa didalam tas asip saya ? 

Pengalaman Kontrol Kehamilan di RS Hermina Depok

Via Google Halo semua ! Setelah lama terdraft sekarang saya mau bercerita tentang pengalaman saya selama cek kehamilan di RS Hermina. Sebelumnya saya cekkehamilan di RS HGA di Depok dengan pertimbangan lebih dekat dari rumah, tetapi karena merasa kurang nyaman maka saya memutuskan untuk pindah ke RS Hermina. Selama hamil saya rasa perlu banget untuk mencari dokter dan rumah sakit yang nyaman (dengan harga yang sesuai dengan kantong tentunya).